Ini Ide Eks Pemain Persib kepada Mantan Presiden RI

Eks Pemain Persib Sampaikan Ide Bagus kepada SBY

Masih ingat dengan nama Robert “Robbie” Gaspar? Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya siapa gerangan orang ini? Apakah ia seorang selebritis? Ya, dia adalah selebritis lapangan hijau. Bagi anda pencukung tim Persib tentu anda tak asing dengan nama satu ini. Dia adalah pemain asing yang pernah membela Persib Bandung.

Baru-baru ini Robert “Robbie” Gaspar ini menyampaikan idenya kepada mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Gaspar ingin mengadakan diplomasi sepakbola antara Indonesia dengan Australia. Dan bak gayung bersambut, taearan tersebut disambut positif oleh SBY.

Dalam sebuah forum informal bersama SBY yang digelar di kampus Universitas Australia Barat (UWA), di Perth, Selasa (22/9/2015) lalu, Gaspar menyampikan idenya tersebut. Sebagi informasi tambahan, Acara itu dilakukan setelah SBY mendapatkan anugerah doktor honoris causa dari universitas tersebut.

Nampaknya Gaspar hafal betul deegan kondisi dan permasalahan persepakbolaan Indonesia yang prestasinya naik turun dan seret. Dalam kesempatan tErsebut Gaspar mengatakan bahwa daam dunia sepakbola, kita semua berbicara dengan bahasa sama, bahasa sepak bola.

Gaspar juga mengaku telah belajar banyak tentang budaya dan bahasa Indonesia. Bahkan ia tak malu dan ragu mengklaim dirinya begitu mencintai bahasa Indonesia. Gaspar sendiri sudah cukup lama malang melintang di kancah sepakbola tanah air. Ia pernah membela beberapa klub tanah air seperti Persita Tangerang, Persiba Balikpapan, Persema Malang, dan Persib Bandung,

Oleh karena itu, Gaspar kepada SBY agar diadakan pertandingan persahabatan antara klub Australia dengan klub Indonesia. Lebih lanjut ia menyarankan Perth atau klub Australia lainnya untuk melakukan kompetisi persahabatan setahun sekali. Untuk masalah tempatnya, Gaspar menambahkan bahwa tempat digelarnya pertandingan nantinya bisa dimana saja, entah itu di Indonesia atau Australia.

Terkait usulan Gaspar, SBY mengatakan,”Saya setuju! Ibu Ani (Yudhoyono) lebih senang bola. Sepak bola memang membuat satu.”

Selain menyatakan dukungannya, SBY juga mengaku akan membawa ide Robbie ini ke Jakarta agar bisa ditindaklanjuti. Pada sesi foto bersama, Robbie Gaspar menyerahkan kaus tim sepak bola negara bagian Australia Barat kepada SBY. Ya, semoga saja usulan Gaspar ini bisa ditindak lanjuti dnegan serius oleh PSSI, eh PSSI kan lagi carut marut. Lalu kepada siapa dong SBY mengadu?