‘Ronaldo Sumber Inspirasi Bagi Ibra’

Penyerang pada skuad Manchester United, yakni Zlatan Ibrahimovic, memilih sosok pemain lama skuad nasional Brasil, bernama Ronaldo Luís Nazário de Lima, menjadi sosok yang menginspirasinya.

Baik pada tingkat dunia dan klub, karier Ronaldo Luís Nazário de Lima memang luar biasa. Dirinya telah memasukkan 62 gol dalam 98 laga bersama dengan Brasil dan telah mencatatkan sebanyak 247 gol dalam keseluruhan skuad yang dibelanya.

Tak hanya memiliki ketajaman, Ronaldo Luís pun sanggup memainkan bola yang berada di atas rata-rata. Dirinya sempat memasukkan gol usai menjalani solo run yang berasal dari tengah lapangan ketika FC Barcelona kontra SD Campostela, pada tanggal 11/10/1996.

Pada bagian inilah yang menghadirkan rasa kagum pada diri Zlatan Ibrahimovic. Menurut pandangan dirinya, Ronaldo Luís sanggup melakukan berbagai hal yang tak mungkin untuk dilakukan.

“Ronaldo Luís Nazário de Lima adalah pesepak bola yang dapat melakukan apa saja. Anda tak sekalipun menyaksikan pesepak bola sama pada dirinya sebelumnya atau pada hari ini. Dirinya tak pernah ada,” ujar Ibra.

“Usia saya kala itu masilah muda ketika melihat aksi dirinya main. Saya juga berkata pada diri saya sendiri, ‘Saya betul-betul mau menjadi seperti dirinya, sosok pesepak bola yang menjadi pembeda’,” ucap penyerang yang berasal dari Swedia tersebut.

Atas dasar karier Ronaldo Luís juga, Zlatan Ibrahimovic menunjuk Piala Dunia tahun 1998 sebagai ajang terbaik yang sepat dirinya lihat.

Ronaldo diberi title Pesepak bola Terbaik usai membawa Brasil menuju gase final. Akan tetapi, mereka gagal dengan skor 0-3 atas Perancis dengan begitu tak berhasil menjadi pemenang Internasional.

“disamping nama Ronaldo, ada juga nama Zinedine Zidane ketika itu. Mereka merupakan pesepak bola yang aksi mainnya amat dinikmati,” ucap Ibra.