Jika Catalunya Merdeka, Nasib Barcelona Kian Sulit

Barcelona berpeluang untuk keluar dari La Liga jika nantinya Catalunya berhasil merdeka sendiri. Nantinya Barca akan hengkang dari kompetisi ini juga diiyakan oleh presiden klub yakni Josep Maria Bartomeu.

” Jika Catalunya menjadi merdeka, klub dan para pemain pastinya harus mengambil keputusan akan bermain di liga mana untuk musim kompetisi selanjutnya. Saat ini, kondisi memang tidak menguntungkan dan itu membuat kami kesulitan merancang masa depan. Semua semuanya dapat mengambil keputusan terbaiknya, ” ujar Bartomeu

Sebelumnya, Menteri Olahraga wilayah ini, yakni Gerard Figueras, mengungkapkan jika Barca dapat saja bermain di luar negeri, jika nanti wilayah Spanyol tersebut akan berpisah dan memiliki pemerintahan dari negara Spanyol.

Beberapa waktu yang lalu, Barca harus berlaga dengan dukungan penonton kala melawan Las Palmas, pada Minggu (1/10/2017), waktu setempat. Hal ini terjadi karena masalah politik yang meliputi kawasan ini. Tribune Camp Nou bahkan kosong kala Blaugrana sukses dengan skor 3-0 atas lawannya itu.

Laga yang dilaksanakan tepat di hari para rakyat wilayah ini melaksanakan referendum, yang dinilai tak resmi oleh pihak pemerintah Spanyol. Pemerintah bahkan sampai menugaskan ratusan polisi di berbagai lokasi tempat voting suara dilakukan. Karena hal ini, demo tak dapat terelakkan dengan sekitar 92 orang yang mendapat cedera.

Barca sejatinya sudah ingin menunda laga tersebut. Namun, permohonan mereka tak digubris otoritas La Liga (LFP). Kemudian mereka memutuskan untuk melaksanakan laga dengan tanpa penonton.

” Kami sejatinya mengerti jika sudah banyak dari anggota dan penggemar yang lebih memilih untuk tak melaksanakan laga. Itulah kenapa saya mengungkapkan jika ini menjadi salah satu hal yang paling sulit untuk saya sebagai Presiden klub ini, ” papar Bartomeu.

” Kami begitu memikirkan pilihan untuk tak melanjutkan laga Barcelona kontra Las Palmas. Tapi, pihak La Liga tak bersedia. Kemudian laga berjalan tanpa penonton, karena kami optimis jika citra laga di Camp Nou tanpa penonton menjadi sebuah langkah bertanggung jawab dan cara dalam memaparkan bagaimana kami benar-benar tak ingin menambah keributan dari kondisi yang begitu sulit di Catalonia, ” tutup Josep Maria Bartomeu.