Soal Referendum Catalunya, Tak Pengaruhi Hubungan Ramos dan Pique

Sergio Ramos akhirnya angkat suara soal pertemanannya dengan Gerard Pique di Timnas Spanyol. Kapten La Furia Roja tersebut menilai jika mereka berada dalam kondisi yang baik sampai saat ini.

Adanya masalah dalam referendum Catalunya sempat menjadikan hubungan Sergio Ramos dan Gerard Pique merupakan sorotan. Pique secara terbuka memberikan dukungan pada kemerdekaan Catalunya, yang menjadikan Ramos memberikan kritikan atas tindakannya.

Pique sempat mengungkapkan keinginannya untuk mengundurkan diri dari timnas Spanyol jika hal politik yang dia sampaikan mengganggu pemain lain. Ia juga dihina para fans timnas Spanyol kala berlatih. Pemain 30 tahun itu lalu menarik ucapannya lagi dengan tetap menjadi pemain timnas.

Ramos secara tegas mengatakan jika hal itu tidak menjadikan hubungan mereka bermasalah. Dirinya mengaku mengerti dengan baik apa yang dipikirkan Pique, namun ia berharap teman setimnya di timnas ini tetap bertindak profesional untuk karirnya.

” Ini bukan minggu yang gampang untuk kami, khususnya timnas Spanyol dan juga pemain Barcelona ini. Dalam hal ini, politik dan olahraga tak boleh disamakan. Saya membicarakan hal ini dengan Pique dan pelatih kami. Sebelum kemudian kami berbicara pada umum dan fans. Itu menjadikan saya tidak dapat berkata-kata sebelumnya, ” ucap Ramos.

Lebih lanjut, dirinya tak dapat memberikan komentar mengenai para pendukung yang menginginkan kemerdekaan Catalan di timnas Spanyol. Namun, dirinya berharap dirinya dapat berkarir dengan baik di negara yang bebas dan demokratis, walau itu bukan hal yang mudah akhir-akhir ini.

Sementara itu, Sergio Ramos dan Gerard Pique pastinya akan bermain di laga kontra Albania, pada Sabtu (7/10/2017) dini hari WIB dan berhadapan dengan Israel tiga hari setelah itu. Ramos ingin penggemar juga turut menolong tim bermain dalam kondisi yang kondusif.

” Kami memiliki hubungan yang begitu baik. Walau kami tak sama dalam hal pandangan mengenai banyak hal. Tiap orang memiliki kebebasan dalam berbicara, namun tetap dengan batasan yang baik. Kami ingin supaya nantinya kondisi semakin membaik dan penonton kembali menikmati tiap laga kami, ” tutupnya.